Friday, March 5, 2010

Laut Aral yang menyusut

Laut Aral adalah sebuah danau yang terletak di Asia Tengah. Danau ini terletak di Kazakhstan Utara dan Uzbekistan di selatan. Namanya secara kasar diterjemahkan sebagai "Laut Kepulauan", merujuk pada lebih dari 1.500 pulau di danau ini.

Laut Aral, yang dulunya merupakan danau terbesar keempat di dunia mengalami penyusutan sepersepuluh ukuran normalnya. Penggunaan tanpa batas sumber air selama 50 tahun terakhir, yang dimulai pada era Soviet Union telah mengakibatkan salah satu bencana terbesar dalam sejarah moden, keringnya salah satu takungan air paling indah di planet kita, Laut Aral,” kata Duta Besar Uzbekistan Alisher Vohidov
Menurut Vohidov, aras Laut Aral telah menyusut hampir 10 kali ganda, dan permukaan air telah menyusut lebih dari 4 kali ganda. Permukaan air telah menurun lebih dari 29 meter, dan garis pantai telah membesar puluhan kilometer.

Dalam 30 tahun terakhir, lebih dari 60 peratus dari air danau telah menghilang. Urutan gambar di bawah, diperoleh melalui satelit Landsat yang menunjukkan perubahan drastik Laut Aral antara tahun 1973 dan 2000.






No comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails